Alasan Bus tidak mematikan mesin saat ini Bensin ( BBM )

Choirilmoto.com

Hello sobat semua, dimanapun anda berada. Pernah bepergian jauh dengan kendaraan umum Bus ? tentunya akan merasakan atau mengetahui kalau bus saat isi bensin ( BBM ) pasti tidak akan mematikan mesinnya. Padahal di dalam SPBU ada peringatan kalau mesin kendaraan saat mengisi BBM harus di matikan tetapi tidak pada saat Bus mengisi BBM, Mau tahu alasan bus tidak mematikan mesin saat ini bensin ( BBM ) ? yuk kita bahas ………

https://choirilmoto.com/2017/01/04/ternyata-ini-toh-alasan-naiknya-biaya-stnk-dan-yang-lainnya/

Adapun alasan mengapa saat mengisi BBM di SPBU harus mematikan mesin karena bisa membahayakan karena mesin kendaraan yang panas bisa menjadi penyebab utama kebakaran di SPBU. Biasanya kendaraan yang bermesin diesel lah yang biasanya tidak pernah mematikan mesinnya saat isi BBM. Namun ada alasan khusus bagi bus / kendaraan besar lainnya seperti truk bisa mengisi BBM tanpa harus mematikan mesinnya yakni sebagai berikut :

A. BBM bensin lebih mudah terbakar di bandingkan dengan solar.

BBM yang berjenis bensin biasanya lebih mudah terbakar di bandingkan dengan BBM berjenis solar, hal itu karena perbedaan dari sifat keduanya. BBM solar akan terbakar pada kompresi yang tinggi dan juga suhu yang tinggi, BBM solar tidak akan mudah terbakar walau di sulut dengan api sekalipun. Sedangkan bensin akan lebih mudah terbakar dan lebih berbahaya di bandingkan dengan solar dalam hal keamanan.

B. Alat pendingin udara ( AC ).

Jaman sekarang AC merupakan kebutuhan pokok di dalam kendaraan umum seperti bis, Untuk menghasilkan udara dingin maka kompressor AC bekerja secara terus menerus. Jika bisa di matikan maka AC pun juga akan mati, apalagi saat mengisi solar bisa membutuhkan waktu yang agak lama bisa di pastikan kabin akan terasa panas karena AC juga mati.

C. Mesin Turbo.

Sekarang ini banyak sekali pabrikan yang membekali mesin bus / kendaraan besar dengan turbo. Mesin turbo akan sangat sensitif jika mesin sering di matikan dan di nyalakan dalam jangka waktu yang pendek. Jika mesin turbo sering di matikan maka beberapa komponen bisa rusak karena mesin turbo menggunakan pelumasan oli dimana akan bekerja terus jika mesin menyala.

D. Sistem pengereman

Bus kebanyakan menggunakan sistem pengereman dengan angin, sistem rem angin menggunakan udara untuk melakukan pengereman. Untuk menghasilkan udara harus menggunakan kompressor yang di gerakkan oleh mesin. Jika mesin di matikan maka bisa di pastikan pasokan udara untuk pengereman bisa berkurang atau bahkan habis, maka mesin harus tetap menyala untuk menjaga pengereman supaya tetap optimal.

Mungkin itulah alasan mengapa bus tidak mematikan mesin saat mengisi bensin ( BBM ) di SPBU karena ada beberapa sebab. Ingat ini hanya untuk yang bermesin diesel saja yang berbahan bakar solar, Jangan coba-coba dengan yang berbahan bakan bensin karena bisa berakibat fatal.

Semoga berguna

salam #mbelgedes

Baca juga ya :

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*