Biaya-biaya yang kita keluarkan saat membeli tanah

Choirilmoto.com

Hello sobat semua, dimanapun anda berada. Membeli sebidang tanah akan terasa mahal tergantung dari letak tanah tersebut, jika di kota jangan di tanya lagi pasti akan sangat mahal. Nah jika membeli sebidang tanah kita juga harus mengetahui Biaya-biaya yang kita keluarkan saat membeli tanah, karena tidak semudah membeli tempe goreng atau makanan lainnya. Bisa di bilang agak ribet dan njlimet namun bagi orang kaya biasanya terima beres. mau tahu apa saja biaya yang harus kita keluarkan saat membeli tanah? yuk kita simak sebagai berikut ………………….

  1. Uang Jasa ( Honorarium ) PPAT

Uang jasa ( honorarium )PPAT, termasuk uang jasa ( Honorarium ) saksi, yang jumlahnya tidak boleh melebihi 1% dari harga transaksi yang tercantum dalam akta.

2. Bea Perolehan Hak Atas Tanah dan Bangunan ( BPTHB )

Tarif BPTHB di tetapkan paling tinggi sebesar 5%. Tarif BPTHB di tetapkan dengan peraturan daerah setempat. Cara menghitung BPTHB : Tarif BPTHB x ( Nilai transaksi / Nilau jual objek Pajak – Nilai perolehan Objek Pajak tidak kena pajak ). Di jakarta besaran nilai perolehan Objek pajak tidak kena pajak ( NPOPTKP ) di tetapkan sebagai berikut :

  • Besaran Rp. 80 juta untuk setiap wajib pajak, dan
  • Besaran Rp. 350 juta  untuk waris dan hibah Wasiat.

3. Tarif Pelayanan Pemeliharaan Data Pendaftaran Tanah ( Balik nama )

Tarif pelayanan pemeliharaan data pendaftaran tanah berupa pelayanan pendaftaran pemindahan peralihan hak atas tanah ( balik nama ) yang di hitung dengan rumus sebagai berikut : T = 10/00 x Bilai tanah + Rp.50.000

4. Biaya Pelayanan Informasi untuk Nilai Tanah atau Nilai Aset Properti

Biaya Pelayanan Informasi untuk Nilai Tanah atau Nilai Aset Properti per bidang adalah Rp. 50.000

5. Biaya Pengecekan Sertifikat

Biaya pengecekan sertifikat adalah Rp.50.000

Itulah beberapa biaya yang harus di keluarkan saat membeli tanah di luar harga tanah, ingat di luar harga tanah. Misal harga tanah Rp. 350 juta itu baru harga tanah dan masih banyak lagi biaya-biaya yang harus di keluarkan di luar harga itu. semoga bermanfaat ……………..

source : hukum_online

 

 

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*