Apa yang harus di update pada Yamaha Aerox 155 vva yang akan datang? Mari kita simak ulasanya

Aerox 155VVA - S Version white 2018
Aerox 155VVA - S Version white 2018

Choirilmoto.com

Hello sobat semua, dimanapun anda berada. Yamaha Aerox 155 vva sekarang ini sudah memasuki tahun yang ke 2, dimana motor ini sudah di facelift dengan pergantian striping saja pada model barunya. Untuk Spesifikasi teknis tidak ada ubahan berarti karena masih sama plek dengan pendahulunya. Lantas apa yang harus di update pada yamaha Aerox 155 vva yang akan datang? mari kita simak penjelasannya di sini …………..

Yamaha Aerox 155 vva di indonesia sebenarnya tidak ada lawan yang pas dengan skutik gambot ini, Padahal jika di lihat hanya honda Vario 150 lah yang paling mendekati dengan motor ini hingga honda Vario 150 dan 125 berkiblat pada yamaha Aerox 155 vva buktinya pada bagian belakang di bikin mirip. Pengen di benturkan dengan yamaha Aerox 155 vva namun dari body masih kalah jauh bahkan ban yang di pakai honda vario 150 masih tergolong kecil untuk ukuran skutik 150cc.

Saya awalnya pengguna honda vario 150 esp dan juga honda vario 125 esp kemudian ganti atau upgrade dengan yamaha Aerox 155 vva karena tergiur dengan bentuk dan juga fitur yang di sandangnya. Dimana yamaha Aerox 155 vva sudah menggunakan kunci keyless dan juga pengereman ABS di type tertingginya. Serta keunggulan mesin 155cc dengan penambahan VVA yang bisa berkitir pada putaran atas seperti ala-ala mesin DOHC walau bukan DOHC murni.

Dari tampang saya akui untuk saat ini masih ganteng dan gagah hanya perlu penambahan atau upgrade ke depannya agar bisa terus exis di masa mendatang. Kita juga tahu bagaimana strategi dan kemampuan honda membuat kompetisi di segmen ini begitu ketat makanya itu perlu di pikirkan adanya penambahan fitur atau update lah istilahnya untuk yamaha aerox 155 vva. Yang harus di update pada yamaha aerox 155 vva adalah sebagai berikut :

tangki bensin yamaha aerox 155 vva
tangki bensin yamaha aerox 155 vva

Kapasitas  Tangki Bahan Bakar

Perlu di ketahui berapa kapasitas tangki bahan bakar yamaha aerox 155 vva? Sungguh mengecewakan motor gagah gede ini ternyata punya tangki bensin yang sangat kecil di kelasnya karena hanya mampu menampung bensin sebanyak 4,6 liter saja dimana yamaha Nmax saja punya kapasitas tangki yang lebih besar yakni 6,6 liter. Sedangkan honda vario 150 mempunyai kapasitas tangki sebesar 5,5 liter. Padahal banyak orang yang menyangka dengan body bongsor ini kapasitas tangkinya antara 6-8 liter ternyata tidak. Percuma juga irit kalau kapasitas tangki bensinnya kecil tetep saja harus mampir ke pom bensin karena sering kehabisan bensin.

laci yamaha aerox 155 vva
laci yamaha aerox 155 vva

Laci Fungsionalitas

Pada motor segede ini sangat jarang di temukan laci yang fungsional dan sangat berguna bagi para pengguna skutik pada umumnya. Orang memilih motor jenis skutik itu salah satu faktornya adalah kepraktisan terutama laci untuk menyimpan barang. Memang ada satu laci yang menurut saya sungguh aneh desainnya karena kalau kita tidak hati-hati HP yang di taruh di laci akan jatuh dan saya pernah mengalaminya. Sudah begitu pengait / penguncinya rentan kendor aus dan rusak kalau sudah dol pasti akan nggambleh dan tidak bisa di tutup lagi, jadi tidak ada gunanya sama sekali.

Padahal di bagian depan tebeng itu saya liat besar namun kopong dalamnya harusnya bisa di manfaatkan untuk laci-laci kecil yang berkantong kalau perlu ada yang bisa di buka pakai kunci. Masa mau menyimpan Koin, sarung tangan atau tisue harus di dalam jok kan gak praktis jadinya. So harus di buatkan laci berkantong kalau bisa sebanyak-banyaknya.

rem belakang yamaha aerox 155 vva
rem belakang yamaha aerox 155 vva

Rem belakang cakram

Salah satu piranti keamanan dan juga sebagai accesoris untuk tampilan jelas rem belakang harus di update ke rem Cakram. Memang di kelas ini kompetitor masih pakai rem tromol namun tidak salah juga motor ganteng gagah sudah ABS kok rem belakang masih tromol, minimal yang type tertingginya lah harus pakai rem dengan piringan cakram. Walau rem tromol pun sudah cukup mumpuni namun sebagai update ya wajib cakram.

suspensi yamaha aerox 155 vva
suspensi yamaha aerox 155 vva

Suspensi Belakang tabung

Yamaha Aerox pertama kali keluar membawa masalah pada bagian shockbreaker atau shock, awalnya shock depan terlalu lembut sehingga sering mentok saat melewati jalan bergelombang atau poldur ( Polisi Tidur ). Tidak sampai disitu karena pada batch pertama shock belakang juga mengalami kendala suara aneh bin berisik seperti ada gesekan misterius alhasil banyak pengguna yamaha aerox 155 vva yang type standar dan type S mengeluh dan pada ganti shock breaker entah pakai shock tabung aslinya di type R atau shock modifikasi.

Memang hanya Type R saja yang memakai shock tabung sehingga yang versi termurah dan tertinggi masih menggunakan shock biasa yang ceking itu. Harusnya yang type tertinggi juga pakai shock tabung untuk mendongkrak penampilan, nah untuk kedepannya harusnya semua type sudah memakai shock tabung dimana yamaha Nmax 155 vva saja sudah menggunakannya. Kalau produksi banyak harusnya harga bisa di tekan.

Desain, Printilan dan part lain

Sebetulnya masih ada beberapa masukan lagi buat yamaha Aerox 155 vva ini dimana letak footstep belakang yang terlalu maju sehingga kaki pengendara depan sering kepentok footstep belakang. Mungkin perlu penyesuaian lagi letak footstepnya agar pengendara depan tidak kepentok footstep belakang. Adapun printilan lain mungkin ada part accesoris dan modifikasi untuk motor ini seperti produk yamaha pada umumnya.

Tak lupa pada desain jangan di rombak total, mungkin di update di buat lekukan atau tarikan garis yang lebih sporty entah bagaimana caranya yang penting ada perbedaan namun jangan signifikan dari model sebelumnya. Pengalaman jika yamaha Merombak motornya yang sudah laris sepertinya gagal untuk mempertahankannya bisa di bilang perubahan yamaha Mio smile ke Mio J gagal total, Perubahan Yamaha Byson ke Byson FI semakin tidak di terima masyarakat indonesia. Perubahan yamaha Vixion terkahir malah membuat tahtanya di kuasai oleh honda CB150R dan yang terakhir adalah perubahan yamaha X-ride yang menurut saya gagal dan lebih bagus yang model lama.

Saya tidak bermaksud BC namun berbicara apa adanya dan apa yang saya rasakan hanya memberikan masukan kepada desainer yamaha yang sepertinya kurang greget dalam mendesain motor baru. Entah kehilangan arah atau ingin ikutan tren honda yang elegan dan bisa masuk ke semua kalangan umur. Padahal sekarang ini desain honda bisa di bilang sesuai dengan selera masyarakat indonesia dimana motorsportnya benar-benar sporty dan di terima motor skutiknya cocok untuk semua kalangan dari yang universal hingga retro semua masuk. Kalau bebek emang masih jelek desain dari honda.

So mungkin hanya itu yang ada dalam uneg-uneg saya kalau ada yang punya yamaha aerox dan ingin menyampaikan pendapatnya silahkan di komentar siapa ada yang mendengar namun jangan terlalu berharap tercapai ya tergantung pabrikan mau mendengar konsumen atau ingin menuruti keinginannya sendiri.

Spesifikasi Yamaha Aerox 155 vva 2018 :

Mesin
Tipe mesin Liquid cooled 4-stroke, SOHC
Susunan silinder Single cylinder
Diameter X Langkah 58 x 58,7 mm
Perbandingan kompresi 10,5 ± 0,4 : 1
Volume silinder 155.1 cc
Daya maksimum 11.0 kW / 8000 rpm
Torsi maksimum 13.8 Nm / 6250 rpm
Sistem starter Electric starter
Sistem pelumasan Wet sump
Kapasitas oli mesin Total = 1,00 L ; Berkala = 0,90 L
Sistem bahan bakar Fuel Injection
Tipe kopling Dry, Centrifugal Automatic
Tipe transmisi V-belt automatic
Dimensi
P X L X T 1990mm X 700mm X 1125mm
Jarak sumbu roda 1350mm
Jarak terendah ke tanah 142mm
Tinggi tempat duduk 790mm
Berat isi 118 kg
Kapasitas tangki bensin 4,6 L
Rangka
Tipe rangka Underbone
Suspensi depan Teleskopik
Suspensi belakang Unit Swing
Tipe ban Tubeless
Ban depan 110/80-14M/C 53P
Ban belakang 140/70-14M/C 62P
Rem Depan Disc brake
Rem belakang Drum brake
Kelistrikan
Sistem pengapian TCI
Tipe battery YTZ7V
Tipe busi NGK/CPR8EA9

Harga Yamaha Aerox 155 vva terbaru 2018 :

Harga Yamaha Aerox 155 VVA Standar    = Rp. 23.350.000,-

Harga Yamaha Aerox 155 VVA Movistar  = Rp 24,500,000

Harga Yamaha Aerox 155 VVA R- Type    = Rp 24,850,000 ,-

Harga Yamaha Aerox 155 vva S- Type      = Rp 27,450,000 ,-

Salam mbelgedez

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*