Ini dia kendaraan yang mendapatkan prioritas utama di jalan raya

Choirilmoto.com

Hello sobat semua, dimanapun anda berada. Di jalan raya kadang ada yang tidak mau mengalah dengan kendaraan lain dengan maksud dan tujuan adalah tidak ingin kena macet, padahal mereka tidak menyadari bahwasannya dirinyalah salah satu penyebab kemacetan itu. Namun ada kendaraan di jalan raya mendapatkan prioritas utama di jalan raya, kendaraan apakah itu? ini dia ………………….

Bila kita di jalan raya biasanya kalau ada kendaraan seperti ambulance yang menyalakan sirine nya pasti semua pada minggir dan memberikan jalan kepada mobil ambulance tersebut. Itu salah satu contoh kendaraan yang mendapatkan prioritas di jalan raya, Namun ternyata masih ada lagi selain ambulance yang bisa melewati jalan tanpa bebas hambatan. Dan inilah kendaraan yang mendapatkan prioritas di jalan :

  1. Kendaraan pemadam kebakaran yang sedang melaksanakan tugas2
  2. Ambulans yang mengangkut orang sakit
  3. Kendaraan untuk memberikan pertolongan pada Kecelakaan Lalu Lintas
  4. Kendaraan pimpinan Lembaga Negara Republik Indonesia
  5. Kendaraan pimpinan dan pejabat negara asing serta lembaga internasional yang menjadi tamu negara
  6. Iring-iringan pengantar jenazah
  7. Konvoi dan/atau Kendaraan untuk kepentingan tertentu menurut pertimbangan petugas Kepolisian Negara Republik Indonesia

Maka dari itu jika ada salah satu kendaraan seperti yang di atas melintas maka mending minggir dan memberikan jalan karena memang kendaraan di atas di berikan hak khusus di jalan raya yang sudah di atur oleh undang-undang pasal 134 UU no 22 tahun 2009. Intinya jangan ngeyel dan memberikan jalan saja karena kalau kita tidak memberikan jalan sama juga dengan melanggar aturan jalan raya.

Namun perlu di ingat juga kendaraan di atas juga sebaiknya harus menggunakan haknya dengan sebaik-baiknya, contohnya kalau memang tidak urgent tidak perlulah untuk meminta prioritas jalan. Misal ambulance kosong yang tidak membawa orang sakit tidak perlulah membunyikan sirine-nya.

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*