Inidia motor baru yang bermasalah dengan shockbreaker, QC perlu di pertanyakan

shockbreaker honda pcx 150 bengkok
shockbreaker honda pcx 150 bengkok

Choirilmoto.com

Hello sobat semua, dimanapun anda berada. Beberapa hari terakhir ini jagad maya di hebohkan oleh kasus yang terjadi di sepeda motor baru, yakni tentang masalah yang terjadi pada shockbreaker alias shock alias skok dalam bahasa jawa. Yang jadi bintang adalah Honda PCX 150 2018 terbaru ternyata terkena masalah pada shockbreaker yang bengkok saat pemakaian. Hal ini terjadi di beberapa pengguna yang mengeluhkan adanya shock yang bengkok ( as shock ).

Shockbreaker adalah salah satu piranti yang ada di sebuah sepeda motor yang gunanya adalah untuk meredam guncangan pada sepeda motor supaya bisa nyaman di kendarai. Selain untuk meredam guncangan shockbreaker juga sebagai penyeimbang kaki-kaki sepeda motor. Jadi sangat vital sekali fungsi dari shockbreaker di sepeda motor, so jangan main-main soal ini karena menyangkut keselamatan konsumen.

solusi shock honda pcx 150 bengkok
solusi shock honda pcx 150 bengkok

Sebenarnya kasus shockbreaker bermasalah di sepeda motor baru pernah terjadi di beberapa motor dan merk yang berbeda di Indonesia, yang paling hot adalah di Honda PCX 150 2018 buatan AHM yang di keluhkan shocknya bengkok. Ada beberapa kasus yang jadi trending karena tidak hanya satu yang mengalaminya. Kalau Cuma 1 atau dua mungkin di maklumi namun ada beberapa kasus yang membuat orang bertanya-tanya bagaimana kwalitas shock Honda pcx 150 2018 lokal ? lantas bagaimana kinerja bidang QC ( Quality Control ) sehingga shock bermasalah bisa lolos.

Menengok kasus lain juga yakni pada saat pertama keluarnya Yamaha aerox 155 vva setahun yang lalu memang membuat banyak penikmat motor terpana dengan tampilan yang serba wow pada waktu itu. Namun ada juga satu kasus bermasalah pada Yamaha aerox 155 vva pada awal kemunculannya yakni shock depan yang terlalu empuk sehingga sering mentok ( jedug ) saat melewati polisi tidur bahkan saat jalan pelan. Solusinya adalah dengan menambahkan oli shock sehingga lebih keras shock depan dan bisa lebih stabil.

Tidak sampai di situ masalah Yamaha aerox 155 vva karena shock belakang juga mengalami masalah meski tidak terlalu fatal namun terdengar suara berisik saat di pakai di kecepatan 20km/jam. Memang tidak ada masalah mengenai kesetabilan / kenyamanan walau agak keras namun tetap saja suara aneh bikin penggunanya tidak nyaman karena suaranya. Solusinya ya ganti shockbreaker aftermarket, itu masalah pada Yamaha aerox 155 vva pada generasi pertama dan pada case yang kedua sepertinya sudah tidak ada masalah. Itu yang saya alami karena saya punya sendiri.

Kedua pabrikan ini akhir-akhir ini sering bermasalah di segi shockbreaker entah apakah pada bagian ini di downgrade sebagai ganti penambahan fitur yang banyak pada motor skutik. Namun tidak pantaslah kalau soal shockbreaker berlarut-larut bermasalah karena akan merugikan konsumen. So kita tunggu tanggung jawab dari para pabrikan yang kecolongan masalah keselamatan yang ada pada shockbreaker. Semoga ada perbaikan dari masing-masing produk dan konsumen tidak di rugikan bahkan ada korban dari masalah ini.

Shock RCB yamaha aerox 155 vva harga
Shock RCB yamaha aerox 155 vva harga

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*