Cara membuat tiwul

image

OrongOrong.com

Hello sobat semua, dimanapun anda berada. Sabtu nich waktunya libur dan memanjakan diri tapi kok kepingin makanan khas jawa jaman dahulu, apa coba kalau ada yang tahu? yuph benar TIWUL namanya makanan khas jawa jaman dahulu. nah kira, kira apa itu artinya tiwul?

Tiwul adalah sebuah makanan pokok jaman dahulu sebelum populernya nasi sekarang ini. Tiwul terbuat dari tepung singkong yang di kukus. Sebenarnya dulu saya waktu kecil juga sering makan tiwul ini dan pada masa itu rasanya biasa saja namun setelah tidak makan kok rasanya kangen ingin makan tiwul lagi. ya sudah bikin tiwul sendiri karena ane juga bisa buat tiwul sendiri dari dulu, mari kita siapka. bahan dan alatnya :

Bahan :

1. Tepung singkong
2. Air secukupnya
3. Garam secukupnya

Alat :

1. Nampan ( kalau tampan itu ane )
2. alat pengukus
3. kompor jelas, kalau tidak ada ya gak bisa matang.

Cara membuatnya :
setelat alat dan bahan sudah siap maka kita uleni ( campur ) tepung, air dan garam secukupnya pokoknya yang merata ya supaya nanti kalau mateng juga merata barengnya. jika tidak di campur dengan air tidak akan bisa matang secara sempurna alias yang tengah akan tetap mentah karena tidak terkena uap panas dari air yang mendidih. Tapi perlu di ingat gan dalam mencapur dengab air jangan banyak-banyak karna nanti bisa lembek jadinya seperti bubur.

Nah karena tiwulnya belum mateng di tunggu ya bagaimana nanti hasilnya. sebenarnya paling enak dinikmati dengan sambel trasi atau ikan teri plus petai, sayang belum punya pete. ada yang mau kasih ane pete? di tunggu nich. wah dah gak sabar nich menikmati tiwul seperti masa kecil dahulu. monggo di coba gan….

salam damai

image

1 Trackback / Pingback

  1. Cara memperbaiki flashdisk yang tidak kebaca di komputer | OrongOrong.Com

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*