Ini dia alasan mengapa lampu rem berwarna merah dan sein warna kuning

Spakbor-Gantung-Yamaha-Jupiter-MX-King-150

OrongOrong.com

Hello sobat semua, dimanapun anda berada. Pernahkah anda kepikiran kenapa lampu rem musti warnanya merah, meskipun banyak anak alay yang goblok menggantinya dengan warna putih entah itu mikanya di ganti putih atau emang tidak ada mikanya. Dan kenapa juga lampu sein kok warnanya harus kuning bukan warna yang lain saja, wah ini pasti ada alasanya gan.

Ane sendiri awalnya juga tidak tahu dan terus mencari tahu kenapa mesti begitu pasti ada alasan yang jelas mengenai hal ini karena bukan tanpa alasan mengenai hal ini jelas ini mengandung unsur safety atau keselamatan. Kalau yang ganti lampu rem belakang jadi terang itu namanya tolol ane sangat sebel dengan orang macam ini kenapa gak kepikiran sama orang lain.

nah ini ada penejelasanya mengenai kenapa lampu rem itu warnanya merah dan lampu sein itu warnanya kuning, cekibrot ;

Mata normal manusia sanggup menerima spektrum warna dengan panjang gelombang 400-700 nanometer (nm). Sementara itu, warna merah memiliki panjang gelombang paling panjang yaitu 630-760 nm.

Sementara itu, melalui akun Facebook Suzuki Motor Indonesia menyebut jika Studi NHTSA (National Highway Traffic Safety Administration) pada 2008 menunjukkan bahwa tingkat respon pengendara meningkat 28% ketika melihat lampu sein berwarna jingga ketimbang lampu sein berwarna merah.

Laman tersebut juga mengutip pernyataan Dr. Terry Mart, pakar fisika yang juga staf pengajar Departemen Fisika FMIPA UI yang mengatakan jika unsur cahaya kuning pada lampu sein memiliki panjang gelombang 0,58 mikron, dengan tingkat sensitivitas terhadap mata manusia sebesar 0,85 (skala 1.0).

Jika melihat ukuran spektrum warna, lampu sen dengan unsur warna jingga memiliki spektrum yang tak kalah panjangnya yaitu 590-620 nm. Inilah mengapa merah dan jingga dipilih menjadi warna lampu peringatan pada kendaraan.

Merah: 620-750 nm
Jingga: 590-620 nm
Kuning: 570-590 nm
Hijau: 495-570 nm
Biru: 450-495 nm
Ungu: 380-450 nm

Dengan tingkatan panjang gelombang yang tinggi, warna merah dan jingga atau kuning cenderung lebih direspon dengan baik oleh mata.

Nah seperti itu penjelasanya jadi warna merah jingga atau kuning itu di respon oleh mata dengan baik nah kalau kebalikanya itu berarti mungkin matanya sudah tidak normal ( mungkin ). So jangan ganti mika lampu rem anda jadi yang terang ya……………….

Salama damai

308417_263808326986130_39131545_n

sumber di sini

18 Comments

  1. brlaku pisan buat lampu depan lo ya,,, yang ganti warna lampu depan warna lain yang nyepet2i moto (ntah itu bohlam/HID/projie) dah halal buat ditindak (tilang/balang bakiak),,

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*