Wisata jakarta, Monumen pancasila sakti

image

OrongOrong.com

Hello sobat semua, dimanapun anda berada. masih dalam keadaan tepar nich dari hari jum`at belum masuk kerja, akhirnya blog terbengkalai dah tidak terurus lagi. Ini pengalaman saat wisata keluarga ke salah satu tempat bersejarah di jakarta dimana lagi kalau bukan lubang buaya jakarta timur.

Sebenarnya bagi ane sudah tidak asing lagi karena saya pernah tinggal di daerah situ tepatnya di samping sekolahan PGRI 30 selama 3 tahun jadi sering banget keluar masuk lubang buaya dan juga taman mini dulu waktu masih gratis karena warga situ. Namun karena sudah pindah tempat tinggal maka sudah lama juga tidak mengunjungi monumen pancasila sakti ( lubang buaya ). Kebetulan kemarin menengok saudara yang tinggal di situ dan anak ingin pergi jalan-jalan ya sudah di ajak ke lubang buaya saja.

Monumen pancasila sakti adalah saksi bisu kekejaman para PKI kepada para jenderal indonesia yang di masukkan kedalam sumur setelah di siksa terlebih dahulu. Disana akan di suguhi beberapa kendaraan kuno tunggangan para jenderal, lubang buaya itu sendiri di sertai monumenya, beberapa rumah untuk menyiksa para jenderal dan juga museumnya. Memang berada disana suasanya sangat menyeramkan karena masuk dalam suasana hening yang mencekam. patung-patung yang menyerupai manusia asli di pajang untuk mengingatkan bagaimana kondisi pada masa itu. sungguh menakutkan gan kalau belum pernah kesana bisa kepikiran terus dah.

Selain lubang buaya yang sudah di buatkan monumenya tak lupa ada museum yang isinya beberapa kisah pilu kekejaman PKI di berbagai daerah. Kalau kita masih sekolah pasti mencari jawaban soal disini ada karena lengkap sekali penjabaranya. Ternyata di berbagai daerah terjadi juga konflik antara PKI dan juga orang-orang yang tidak berdosa secara kejam, pokonya miris banget dah tidak bisa membayangkan bagaimana kalau hidup di masa itu. Beruntunglah kita bisa bidup di masa sekarang yang lebih enak dan juga lebih tenteram dari jaman dahulu dan kita juga harus menjaga negara ini dari ancaman entah itu dari dalam dan dari luar. Kita juga bisa mengambil hikmahnya bagaimana perjuangan para pahlawan jaman dahulu.

Namun saat ane di sana ada yang bikin ane miris juga gan dimana para pemuda pemudi yang berkunjug kesana namun hanya untuk bersenang-senang saja. maksudnya apa? entahlah karena dilihat dari sekemupulan muda-mudi itu hanya berfoto selfie dengan patung, gambar dan mobil kuno dengan cengengesan sambil bercandaan padahal ini adalah sejarah indonesia yang bukan untuk bercandaan. Toh generasi muda sekarang emang gitu guna untuk mendapatkan existensi hanya mengambil tempat untuk berselifie saja. Ya sudah mungkin ini saja hasil report dari Monumen pancasila sakti lubang buaya.

salam damai

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*