Membuat akta kelahiran gratis di jakarta

aktalahirbaru

Hello sobat semua, dimanapun anda berada. Hanya sekedar share pengalam saja nich sob. kemarin habis mengambil akte kelahiran di kecamatan dan ternyata caranya sangat mudah sekali ( jika sudah tahu syarat dan tata caranya ) dan gratis untuk wilayah jakarta, kalau daerah lain kurang tahu. Karena ane pengurus RT maka saya bertanya teman-teman RW setempat bagaimana dan syaratnya apa saja jika ingin membuat akta kelahiran anak. begini sob caranya.

Karena bayi sudah lahir dan sudah di bawa pulang ya harus di buatkan akta kelahiran, jika sampai 3 bulan belum di buatkan akte maka harus mengurus ke Sudin ( Suku Dinas ) masing-masing per wilayah dan harus bayar. kalau belum sampai 3 bulan langsung di urus maka gratis. lantas bagaimana caranya? pertama harus merubah KK dahulu ke kelurahan, biasa membuat surat pengantar RT dan RW dahulu kemudian mengurus ke kelurahan. Terus apa saja syarat membuat akte? ini dia ;

1. foto copy KTP dan KK orang tua. ( KK asli di ganti yang baru di kelurahan )
2. Surat keterangan lahir dari Rumah sakit / bidan
3. Fotocopy buku nikah orang tua.
4. Surat pengantar dari RT dan RW
5. fotocopy 2 KTP saksi
6. membawa 2 saksi untuk kecamatan.

Tata  caranya, setelah syarat-syarat itu sudah lengkap datang ke kelurahan untuk merubah KK memasukkan nama anaknya yang baru lahir. di situ harus mengisi formulir lantas di buatkan KK baru tidak sampai 10 menit jadi ( kalau tidak antri ). Setelah KK jadi di tanda tangani lurah, RT dan Kepala Keluarga masing-masing di berikan 1 lembar sesuai peruntukannya.

Setelah KK jadi maka di fotocopy dan di bawa ke Kecamatan untuk membuat akta dengan membawa 2 saksi ( berktp setempat / tetangga ). sampai di kecamatan lantas bilang saja mau membuat Akta, dan langsung di suruh isi formulir dan saksinya di suruh tanda tangan. setelah isi formulir maka akan di beri kwitansi untuk pengambilan setelah 2 minggu selesai. Di kwitansi itu ada tanggal pengambilanya karena biasanya membutuhkan waktu 2 minggu. setelah tanggal pengambilan sudah bisa maka tinggal ambil sendiri di kecamatan dan gratis tinggal isi data pengambilan dan jadi dech akta kelahiran.

Begitulah pengalaman ane membuat akta kelahiran, semoga bermanfaat

spg-honda2

kita mau jadi saksinya

salam kebo putih

11 Comments

  1. ane bkin dikecamatan katanya butuh waktu 1 bulan gan, pas udh 1 bulan ane balik lg ke kecamatan katanya jadi 2 minggu lg, trus pas udh 2 minggu ane tanyain kesana eh malah dikatain cerewet.. dan akhirnya sampe skrng blm jadi2 juga..

1 Trackback / Pingback

  1. Ini dia KTP untuk anak, mulai di berlakukan tahun 2016 | OngolOngol

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*