Bluecore itu teknology / Cuma istilah ya?

bluecore

OrongOrong.com

Hello sobat semua, dimanapun anda berada. Akhir-akhir ini sering kita dengar tentang yamaha yang mengeluarkan teknology bluecore. yang di bilang lebih irit 50% dari teknology karburator dan 20% dari versi injeksi yang dahulu. memang sudah di jelaskan oleh motogokil bagaimana cara kerja sistem bluecore itu, seperti inilah ;

  1. Mengoptimalkan pembakaran, sehingga semua bensin yang masuk ke ruang bakar habis terbakar tanpa sisa, tidak ada yang terbuang percuma.
  2. Mengurangi rugi-rugi yang terjadi, sehingga power yang dihasilkan semakin banyak yang sampai ke roda belakang. Terbuangnya power ke bagian2 yang lain (rugi) dikurangi, dengan mengurangi rugi2 akibat friksi/gesekan baik di silinder, rocker arm dan di bagian2 lainnya. Pengurangan rugi2 juga dilakukan pada rugi akibat pendinginan mesin, dengan pengaturan suhu yang optimal pada ruang bakar yang seimbang dengan proses pendinginannya.
  3. Perbaikan pengaturan komposisi bensin yang lebih presisi terhadap volume udara yang masuk, sehingga diperoleh campuran yang optimal sesuai untuk peruntukannya. Sehingga untuk kecepatan rendah tidak ada bensin yang terbuang percuma karena campuran terlalu kaya. Sebaliknya ketika diinginkan ngebut tidak akan kekurangan tenaga.
  4. Pengaturan ulang waktu pengapian yang lebih optimal, guna menghasilkan efisiensi pembakaran yang paling tinggi, tanpa harus memasuki daerah knocking (knocking region).

Namun masih ada perdebatan tentang bluecore ini, karena sebenarnya bluecore itu teknology atau hanya istilah saja. karena menurut ane juga yang namanya teknology pasti ada perbedaan besar dari versi sebelumnya bisa dikatakan penemuan baru lah. Namun kalau cuma perbaikan ya bisa di bilang bukan teknology dan bisa di sebut penyempurnaan teknology ( jelas bukan teknology baru ) nah bagaimana kalau pendapat mereka?

“Yang ane pahami soal blue core ini, sebetulnya cuma konsep/slogan saja ya. Kalo istilah ane, fake system/technology.
Soalnya cari info soal blue core, dapatnya ga jauh dari perbaikan sesuatu, memperbaiki sesuatu, memperbarui sesuatu, dsb. Jadi bukan nama suatu teknologi atau sistem baru.
Kalo cuma gitu (perbaikan pembakaran, perbaikan gas buang, dsb), pabrikan lain juga pasti ngelakuin. Cuma ga ngasih trade mark aja.
Imho sih, yamaha ini lebay. Mungkin mirip esp honda dan skyactive mazda.
Tapi, namanya marketing, kita harus maklum.
Cmiiw”

“yup tul,
nothing new, cuman proses perbaikan, terus menerus nyari cara agar engine lebih fuel efficient.
terkait ini sih pabrikan sayap jauh bahkan sebelum yahomo crypton dipikirkan untuk dijual, si sayap udah uda punya sederetan mesin 4 tak yg jelas2 irit. gak haruan ga di Mo GP.
FYI yah, crypton baru lahir, astrea 80 grand, star dan prima uda nyebar (bahkan sampe sekarang).
nah siapa yg ngingkarin iritnya mesin2 kecil honda walaupun jadul jaman cub.

masalahnya di video ttg bluecore, yahomo kalim ini teknologi temuan baru (itu lho ilmuwan botak dan rekannya yg satu lagi nggabungin isi pikiran)

kalau shuhei nakamoto liat video itu, ga kbayang gmana lucunya si shuhei ngakak.
wkwkkw insinyur botak lebay.
MS kalah di GP juga kalah, eh masih ada aja yg dgn bloon nya nge fans wkwkwk”

“Nah itu dia, yang ane masih belum paham. Ane nangkepnya blue core itu cuma slogan, tapi dibuat kesan kalo blue core itu teknologi.
Soal klaim-mengklaim, pembuktiannya silakan ke pengadilan.
Soal fansboi2-an, menurut ane selera masing2. Yang penting jaga tingkah laku. Walaupun jadi fansboi ga guna, karena spare part tetep bayar. Lagipula, pada dasarnya semua motor itu sama, sama-sama harus di-maintenance.”

Nah begitu ceritanya gan, ane sendiri juga kurang paham tentang seperti ini. Mungkin ada yang bisa kasih pencerahanya monggo silahkan di seruduk

3164589_20141006010647

kalau ane pink core

salam kebo putih

14 Comments

  1. Jah, omongan ane jangan dijadiin bahan dong. Keliatan cupunya.
    Btw, yang jadi permasalahan buat ane, dari poin 1 sampe 4 yang ente kutip, masih ngambang.
    Misal, no. 1. Cara mengoptimalkan pembakarannya bagaimana? Apakah kaya TSCC suzuki, atau pakai multi-busi bajaj.
    Kedua, bagaimana cara mengurangi friksi antar-part? Apakah menciptakan material baru, seperti diasil yamaha, atau scem di suzuki. Apalagi, ini diterapkan di seluruh part (sebelumnya, umumnya yamaha, suzuki, dan pabrikan lain menerapkan material khusus tersebut hanya untuk silinder saja. Cmiiw)
    Yang ketiga, bagaimana cara perbaikan pengaturan komposisi bensin-udaranya? Kalau blue core mwrupakan teknologi / sistem baru, berarti sudah tidak menggunakan ymjet fi, karena ane mengartikan poin 3 itu : “menggunakan sistem injeksi yang lebih baik dari ymjet fi”.
    Keempat, bagaimana cara pengaturan pengapiannya? Apakah pakai ecu jenis baru, koil jenis baru, dsb.

    Kalo misalnya, ini misal lho, yamaha mengumumkan : “kami akan menggunakan teknologi baru pada produk selanjutnya, yaitu:
    1. Blue core combustion chamber, memecah bensin dan udara hingga ke level molekul agar mempercepat pencampuran dan mengoptimalkan pembakaran.
    2. Menggunakan material blue core, yaitu material baru yang didapat dari planet mars, 100x lebih kuat dan lebih ringan dari baja, untuk silinder, kem, gir, dan rantai, agar transfer tenaga maksimal
    3. Blue core fi, direct injection dengan 100 lubang berukuran 0,001 micron, memastikan tidak ada bensin yang terbuang percuma.
    4. Blue core ecu dengan 50 macam sensor dan blue core ignition coil dengan tegangan hingga 100 kV.”
    Kalo kaya gitu malah real, jelas emang nama teknologinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*