Ini dia perbedaan Premium, Pertamax dan pertamax Plus

bbm bersubsidi

OrongOrong.com

Hello sobat semua, dimanapun anda berada. Masih heboh dengan kenaikan bahan bakar Minyak di indonesia, Memang masih ada saja yang pro dan kontra wong namanya hidup di dunia ya pasti begitu. Untuk saat ini sudah pada tahulah kalau harga premium itu sekitar 8.500 rupiah saja naik 2000 dari harga semula.

Bila di cermati memang terpaut sedikit antara premium dan pertamax namun yang namanya orang indonesia pasti banyak memilih sesuatu itu dari segi harga. Premium memang lebih murah, namun pertamax lebih baik katanya. nah ini di penjelasan perbedaan antara premium, pertamax dan pertamax plus. cekibrot ;

penjaga spbu cantik

1. Premium

Premium adalah bahan bakar minyak jenis distilat berwarna kekuningan yang jernih. Premium merupakan BBM untuk kendaraan bermotor yang paling populer di Indonesia sebab harganya yang paling murah di antara bahan bakar lainnya.Premium merupakan BBM dengan oktan atau Research Octane Number (RON) terendah di antara BBM untuk kendaraan bermotor lainnya, yakni hanya 88.Pada umumnya, premium digunakan untuk bahan bakar kendaraan bermotor bermesin bensin, seperti mobil, sepeda motor, motor tempel, dan lain-lain.Berita baiknya adalah, sejak 2006, premium sudah tanpa timbal sehingga gas buangnya tidak menimbulkan banyak polusi.
Kelemahan

– Dari sisi teknologi, penggunaan premium dalam mesin berkompresi tinggi akan menyebabkan mesin mengalami knocking. Premium di dalam mesin kendaraan akan terbakar dan meledak tidak sesuai dengan gerakan piston. Knocking menyebabkan tenaga mesin berkurang sehingga terjadi inefisiensi.
– Dari sisi finansial, knocking yang berkepanjangan menyebabkan kerusakan piston sehingga kendaraan bermotor harus diganti pistonnya.
– Menggunakan tambahan pewarna dye
– Mempunyai nilai oktan 88
– Menghasilkan NOx dan Cox dalam jumlah banyak

 

2. Pertamax

Seperti halnya premium, pertamax juga merupakan produk BBM dari pengolahan minyak bumi. Pertamax dihasilkan dengan penambahan zat aditif dalam proses pengolahannya di kilang minyak.Pertamax pertama kali diluncurkan pada tahun 1999 sebagai pengganti Premix 98 karena unsur MTBE yang berbahaya bagi lingkungan.Pertamax direkomendasikan untuk kendaraan yang diproduksi setelah tahun 1990, terutama yang telah menggunakan teknologi setara dengan Electronic Fuel Injection (EFI) dan catalytic converters (pengubah katalitik). Harga jual pertamax lebih mahal daripada premium.
Keunggulan

– Bebas timbal
– Oktan atau Research Octane Number (RON) yang lebih tinggi dari premium.
– Pertamax dapat menerima tekanan pada mesin berkompresi tinggi sehingga dapat bekerja dengan optimal pada gerakan piston. Hasilnya, tenaga mesin yang menggunakan pertamax lebih maksimal karena BBM digunakan secara optimal.
– Ditujukan untuk kendaraan yang menggunakan bahan bakar beroktan tinggi dan tanpa timbal.
– Mempunyai nilai oktan 92
– Ethanol sebagai peningkat bilangan oktannya
– Menghasilkan NOx dan Cox dalam jumlah yang sangat sedikit dibanding premium

3. Pertamax Plus

Selain premium dan pertamax, yang terakhir adalah pertamax plus. Pertamax plus merupakan bahan bakar yang sudah memenuhi standar performa International World Wide Fuel Charter (IWWFC).Pertamax plus adalah bahan bakar untuk kendaraan yang memiliki rasio kompresi minimal 10,5, serta menggunakan teknologi Electronic Fuel Injection (EFI), Variable Valve Timing Intelligent (VVTI), (VTI), Turbochargers, dan catalytic converters.
Keunggulan

– Bebas timbal
– Oktan atau Research Octane Number (RON) yang lebih tinggi dari Pertamax.
– Pertamax Plus bisa menerima tekanan pada mesin berkompresi tinggi sehingga dapat bekerja dengan optimal pada gerakan piston. Penggunaan BBM lebih optimal dibanding premium dan pertamax.
– Bisa membersihkan timbunan deposit pada fuel injector, inlet valve, dan ruang bakar yang dapat menurunkan performa mesin kendaraan, serta mampu melarutkan air di dalam tangki mobil sehingga dapat mencegah karat dan korosi pada saluran dan tangki bahan bakar.
– BBM ini ditujukan untuk kendaraan yang berteknologi tinggi dan ramah lingkungan

– Mempunyai nilai oktan 95
– Toluene sebagai peningkat oktannya
– Menghasilkan NOx dan Cox dalam jumlah yang sangat sedikit dibanding BBM lain

Nah begitulah kira-kira penjabaranya sobat, jadi kita harus jeli dan teliti dalam memilih BBM yang pas buat kendaraan kita dengan melihat juga kompresi kendaraan kita cocoknya pakai yang mana dan yang jelas juga di sesuaikan dengan keuangan kita. semoga membantu sob, monggo di seruduk

model cantik bbm premium

sumber ; detik oto

salam kebo putih

23 Comments

    • iya malaysia emang bensinnya lebih murah.
      Tapi harga motornya mahal- mahal.
      Jupiter mx aja bisa 25 Jt. trus pajak motornya juga mahal disana. Dan lagi jumlah kendaraan disana gak sebanyak jumlah kendaraan disini otomatis jumlah subsidi yang dikeluarkan pemerintah sana gak sebanyak disini.

      1 Lagi pemerintah menaikkan harga premium tapi menurunkan harga pertamax, sekarang selisih harganya gak jauh supaya orang beralih ke pertamax. saat masyarakat sudah terbiasa pakai pertamax, Saat itu subsidi BBM dicabut dan premium dihilangkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*