Inilah motor pertama honda yang di produksi di indonesia

1966_honda_s90_sport

Honda Lovers pasti paham jika pabrikan sepeda motor terbesar di Indonesia ini sudah mendominasi berbagai segmen roda dua dalam negeri. Dan semua itu tidak diraih dengan instan. Honda sudah melalui perjalanan panjang dengan beragam asam garam di industri ini. Tahukah Honda Lovers tentang sejarah pabrikan berlambang sayap mengepak ini di Indonesia? Yuk kita ulas sekilas kisah Honda di tanah air.

Bermula di 1971, saat Astra Honda Motor masih bernama PT Federal Motors, model sepeda motor pertama yang mereka produksi adalah Honda S 90z setelah sejak era 60-an mengimpor secara langsung dari Jepang. Sayangnya, saat itu Honda hanya berhasil melego hingga 1500 unit Honda S90z dalam setahun.

Motor yang masuk kategori sport ini dibekali dengan mesin berkapasitas 89,6 cc dengan lay out tidur layaknya motor bebek. Selain memiliki teknologi SOHC, Honda S 90z juga dipersenjatai dengan sistem transmisi manual 4 speed. Tak heran jika motor ini kerap diandalkan sebagai besutan harian pecinta kecepatan  saat itu. Apalagi motor bervelg 18 inci ini juga dilego dengan banderol di bawah Honda CB100 yang merupakan motor Sport murni dengan mesin tegak.

Meski hanya mampu terjual sebanyak 1500 unit pada tahun pertamanya, terbukti permintaan masyarakat semakin meningkat akhirnya motor ini semakin banyak diproduksi pada era 70-an. Motor ini juga mendapat nama lain yaitu Honda Astra 90 karena merupakan motor pertama Produksi PT Federal Motor yang berada dibawah naungan PT Astra International.

Cerita manis Honda S 90z terpaksa berakhir saat PT Federal Motor memproduksi Honda Win 100 di era 80-an. Nah, kalau Honda Lovers masih menyimpan Honda S 90z, dirawat baik-baik ya. Soalnya motor tersebut termasuk salah satu motor bersejarah di Indonesia tuh..

sumber ; di sini

2872823_20130610032447

juoss

salam kebo putih

1 Trackback / Pingback

  1. 2014 HONDA S90

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*