Istilah di motor matic

040114-2015-honda-pcx150-white

OrongOrong.com

Hello sobat semua, dimanapun anda berada. Teknologi dan inovasi sekarang semakincanggih lho matickers. Dulu motor matic, cuma punya istilah CVT (Continously Variable Transmission) yang menjadi alat penggerak otomatis pada motormatic, bisa juga disebut sebagai sabuk karet pengganti rantai pada sepeda motor matic.

Nah di era yang serba cepat berubah ini, motor-motor matic pun punya fitur terkini yang lebih segar dan baru seperti mesin injeksi yang punya konsumsi bahan bakar lebih irit dan punya tarikan lebih kencang. Kemudian fitur anti maling seperti kunci yang dilengkapi immobilizer, atau alarm.

Buat matickers yang punya motor matic keluaran terbaru dan punya tempelan-tempelan di bodi motor yang belum pernah matickers lihat, bukan sekedar pemanis motor saja lho, itu sudah menjadi fitur canggih bawaan motor matickers. Ini dia arti istilah-istilah yang ada di motor matic .. :)

1. CBS

CBS atau Combi Brake System adalah sistem pengereman dimana matickers dapat melakukan pengereman terhadap dua ban sekaligus hanya dengan menekan satu tuas rem, biasanya saat menekan tuas rem belakang. Dengan kata lain, matickers hanya menarik tuas kiri, maka kedua rem depan dan belakang ikut ketarik.

Combi Brake System (foto : istimewa)

2. ACG

ACG (Alternating Current Generator) adalah alat yang digunakan untuk menghasilkan arus listrik AC, sedangkan Starter adalah alat yang digunakan untuk memulai kerja suatu alat atau mesin. Berarti ACG starter adalah teknologi dimana motor tidak lagi menggunakan dinamo/ motor starter konvensional, karena dinamo starter sudah menjadi satu denganalternator. Nah penggabungan dua alat ini agar dapat terwujud dibantu dengan ECU.

3. ESP

ESP yang kependekan dari Enhanced Smart Power yaitu peningkatan daya tahan, halus serta lebih bertenaga. Konsep ini diusung Honda untuk motor matic globalnya.

4. ISS

ISS atau Idling Stop System merupakan teknologi yang sanggup mengurangi emisi dan konsumsi bahan bakar saat kondisi diam. ISS akan mematikan mesin secara otomatis jika motor dalam keadaan berhenti jarak waktu 3 detik dan menyalakan mesin kembali hanya dengan memutar sedikit tuas gas.

5. YM-JET FI

Yamaha Mixture Jet-Fuel Injection – YM-JET FI yang mempunyai performa yang sangat baik sehingga dapat menghasilkan konsumsi bahan bakar yang sangat efisien dan emisi gas buang yang rendah serta ramah lingkungan. Teknologi ini dapat dijumpai pada motor matic Yamaha.

6. PGM-FI

Teknologi PGM-FI atau Programmed Fuel Injection mengendalikan secara elektronik untuk memasok bahan bakar dan oksigen secara tepat sesuai kebutuhan mesin di setiap keadaan. Sistem injeksi ini mengandalkan peran komponen sensor yang mengirimkan sinyal informasi ke pusat kontrol mesin ECM (Engine Control Module), yang kemudian memberikan sinyal perintah ke komponen keluaran di dalam mesin untuk menghasilkan tenaga maksimal secara efisien serta emisi ramah lingkungan.

7. Helm-in

Sebenarnya fitur ini butuh nggak butuh alias sesuai selera matickers. Untuk kapasitas bagasi motor matic juga beragam, mulai dari 12 hingga 18 liter untuk menyimpan helm. Ukuran helm pun menentukan juga lho matickers. Misalnya helm full face atau helm motocross dijamin nggak masuk. Mungkin matickers bisa pakai helm half face biar aman masuk ke bagasi motor.

semoga bermanfaat

sumber ; di sini

6366687_20140914030338

cakeb ya, sini tak foto dulu

salam kebo putih

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*