nich alasan kenapa rel kereta api banyak kerikilnya

Gambar

Hai bro and sis sekalian apa kabarnya? semoga dalam keadaan baik-baik saja. Tahukah anda kalau jalur kereta api ( rel ) itu pasti ada kerikilnya di bawahnya. Nah tahukah anda apa alasanya di taruh kerikil di situ? ini dia jawabanya ;

1. Bantalan pemberat

Gambar

Fungsi batu kerikil pada rel kereta api adalah sebagai bantalan pemberat. Dengan adanya lapisan batu kerikil ini rel dapat tetap berdiri dengan stabil. Sehingga kereta api yang berjalan di atasnya pun dapat berjalan dengan baik.

2. Menyerap getaran

Gambar

Batu kerikil ini juga berfungsi untuk menyerap getaran (shock absorber) yang terjadi ketika kereta api tengah lewat. Sehingga goncangan yang terjadi ketika kereta api melintas dapat dikurangi. Dan rel kereta api pun tidak cepat rusak dan dapat digunakan untuk waktu yang lama.

3. Menahan dan mengalirkan air hujan

Gambar

Fungsi berikutnya yaitu untuk menahan dan memperlancar aliran air di saat hujan. Fungsi ini berperan untuk mencegah terjadinya pengikisan tanah atau erosi pada tanah di sekitar rel kereta api.

4. Menghambat tumbuhnya rerumputan

Gambar

Dan yang terakhir, batu kerikil juga berfungsi untuk menghambat tumbuhnya rerumputan di sekitar rel. Tumbuhnya rerumputan di sekitar rel dapat dapat secara langsung maupun tidak langsung menyebabkan penggemburan tanah di bawahnya. Hal ini tentunya dapat membahayakan karena jika tanah di bawah rel tidak stabil maka akan dapat membahayakan perjalanan kereta api.Memang, ada posisi-posisi tertentu tidak perlu batu kerikil, seperti rel kereta api yang terdapat di atas jembatan atau jalan raya. Hal ini terjadi karena semua fungsi dari batu kerikil tadi sudah diambil alih fungsinya oleh mekanisme lain.

Itu saja gan yang bisa ane share, semoga berguna

sumber ; http://www.kaskus.co.id/thread/538c828a6507e71f0a8b4590

Gambar

salam kebo putih

 

13 Comments

1 Trackback / Pingback

  1. Cara isi Pulsa Listrik Lewat HP

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*