Opini ; CBR150R Eksport vs R15 Eksport

Gambar

Hai bro and sis sekalian, apa kabarnya? semoga dalam keadaan baik-baik saja. Masih di hari sabtu nich pasti pada liburan, mengingat perseteruan antara yamaha vs honda memang tak ada habisnya. Bahkan sampai FBnya pun tak mungkin bisa di damaikan, wkwkwk mungkin berpegang teguh pada pendirianya. Nah kemarin ada yang bertanya tentang bagaimana kwalitas kedua motor ini yang di eksport antara CBR150R dan R15. lebih tepatnya CBR150R thailand vs R15 indonesia.

ane sendiri pernah tanya kepada wak haji taufik ( TMC ) tentang bagaimana kwalitas R15 yang di ekspor ke thailand dengan yang dipasarkan di lokal sama tidak? wak haji taufik menjawab ” semua bahan material sama, masa yamaha mau bikin 2 plan sekaligus “. Setelah mendengar dari bloger kondang bin pasti bener penerawangan ane jadi lega bahwa yamaha R15 itu sudah standar eksport dengan thailand. Bagaimana dengan honda CBR150R thailand yang dipasarkan di indonesia? jelas ini juga sudah standart ekport, jarang kan pengguna CBR150R mengalami keluhan.

Namun kok ada yang aneh dalam pricing dari kedua motor ini ya? Sebut saja Yamaha R15 thailand yang mengambil dari indonesia harganya bisa 11/12 dengan harga yang ada di indonesia namun berbanding terbalik dengan harga CBR150R thailand yang dijual di indonesia yang harganya melambung tinggi banget. Ingat, ini masih kawasan Asean kan ada AFTA dimana barang yang di ekport import akan kena pajak yang sangat sedikit yakni 0,5% saja dan tidak sampai 1%. Jelas disini AHM mengambil keuntungan dari CBR150R terlalu banyak, namanya juga jualan ya tergantung kebijakan masing-masing.

Namun bila di telusuri ini adalah kebijakan AHM untuk menyelamatkan CBR150R lokal, kalau dari kwalitas menurut AHM di bawah CBR150R thailand. Ya kita lihat saja sendiri nanti bagaimana hasil dari karya AHM sendiri, semoga sesuai ekpektasi dari para penggemarnya. Silahkan di seruduk

Gambar

salam kebo putih

 

51 Comments

  1. om.. biarpun udah ada skema AFTA tapi inget dong kalo impor tu masih kena PPN sama PPh. yg Free Trade tu cuma free di bea masuknya aja.

    tuh PPN aja fix 10% buat semua barang. sdangkan PPh kalo ada API kena 2,5%

  2. klo mnurut ane kok mlah terkesan ahm minta jatah RnD 150cc global y kang dri honda pusat?yg notabene yimm sudah dikasih 150&250cc, jika memang benar adanya kan y mathuk to buat konsumen dimarih yg pnting hrga bisa lokal jg & perang value motor akan smakin sengit…heeheee…..

  3. Akan jadi bumerang bagi produsen yg menelurkan produk abal2 + rompal.. Jgn krn nama besar, 3s mumpuni, bs membodohi konsumen.. Ingat kalian besar karena konsumen..

  4. Padahal jika lebih teliti, beberapa produk india malah tidak lolos regulasi di indonesia terkait keamanan dan keawetan part nya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*