Saatnya Ganti oli si kebo

OrongOrong.com

Hai bro and sis sekalian apa kabarnya? Pada sabtu pagi pada kemana ya, liburankah? he he he, kalo ane mau ganti oli si kebo dulu gan. Yah sempetnya hari sabtu ini ya di kerjakan hari ini juga. Padahal udah seminggu lalu ane beli olinya, dan baru sekarang bisa menggantinya.

Sebenarnya kalau ganti oli ane tiap bulan, kalau servis ya tiap 2 bulan sekali baru diservis sekalian ganti oli. mengingat ini motor masih tergolong agak baru, jadi ya servisnya 2 bulan sekali.

Sebaiknya kalau ganti oli sendiri pada pagi hari gan, sebelum motor dinyalakan. Karena kotoran oli pada mengendap dibawah dan kalau mesin dinyalakan akan naik lagi kotorannya. jadi, lakukanlah pagi hari sebelum motor dinyalakan. dan untuk memastikan mesin tidak panas sewaktu kita buka baut penutup olinya.

Gambar
oli yamaha byson
Gambar
oli yang cocok untuk yamaha byson
Gambar
cara ganti oli yamaha byson
Gambar
oli bagus yamaha byson

Tidak usah ba bi bu langsung saja siapkan peralatannya. yang pertama tentu saja motornya, siapkan oli, tang, kunci 17 dan kaleng bekas / ember untuk menuangkan bekas oli tadi. Penutup oli atas dibuka dulu, kemudian siapkan kaleng dibawah oli yang akan mengalir nantinya. buka baut bawa, dan oli akan di tampung oleh kaleng tadi. setelah sudah tidak netes lagi, motor digoyang2kan ke samping dan kalau mau ditiup.

Habis itu tutup kembali dengan baut yang bawah, diisi olinya ke blok mesin. pakai corong gan, biar tidak tumpah. kalau ane gak punya corong pakai kertas agak tebal, karena darurat. wkwkwk, sungguh mengenaskan. setelah itu tutup kembali penutup yang atasnya dan kebo siap mandi.

Jangan ngintip ya, mandinya di sensor gan.

semoga berguna

Gambar
model cantik yamaha byson

salam kebo putih

52 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*